Cara Merawat Baterai Laptop Dengan Mudah

Cara Merawat Baterai Laptop - Cukup banyak hal-hal yang harus dilakukan ketika memiliki laptop agar awet dan tidak cepat rusak. Untuk itu perlu suatu langkah yang tepat dalam merawat laptop yang nantinya tidak menyebabkan suatu kesalahan yang fatal yang akhirnya malah membuat laptop menjadi rusak. Nah, disini saya akan share untuk anda cara merawat baterai laptop secara sederhana karena baterai pada laptop kebanyakan paling sering mengalami kerusakan karena akibat pemakaian yang salah.

Dengan melakukan perawatan yang benar, kita sudah menghemat banyak uang. Untuk itu anda harus membaca beberapa langkah penting untuk merawat baterai laptop secara tepat dibawah ini bila anda ingin baterai pada laptop anda tidak cepat rusak akibat pemakaian yang salah. Langsung saja yuk intip cara merawat baterai pada laptop dengan mudah sebagai berikut :

Cara Merawat Baterai Laptop

Lepaskan baterai laptop dan gunakan listrik langsung bila Anda tidak sedang presentasi namun sedang bekerja rutin dengan laptop dikantor atau rumah. Jika baterai terpasang, charge juga terpasang dalam banyak kasus akan menyebabkan kebocoran pada baterai. Walaupun laptop modern sering memiliki sirkuit yang memastikan baterai tidak digunakan bila charge terpasang, tapi suhu panas juga bisa memperpendek usia baterai. Sebaiknya batery laptop digunakan pada saat kita tidak memiliki akses untuk listrik.
Nonaktifkan Bluetooth dan Wifi ketika tidak diperlukan. Ketika menonton film, atau mengetik dokumen dan Anda tida perlu Online segera nonaktifkan perangkat nirkabel. Hal ini akan membantu menghemat daya, sebab konsep Bluetooth dan Wifi adalah mengirim dan menerima signal walaupun Anda tidak menyadarinya dan ini akan menguras daya. Lebih parah lagi jika kedua fitur ini diaktifkan ditempat yang sama sekali tidak ada signal. 
Untuk setiap laptop baru, semua baterai nya masih dalam keadaan kosong. Meskipun charge listrik terpasang namun laptop belum boleh langsung digunakan. Matikan laptop terlebih dahulu dan lakukan charge selama antara 4-8 jam sampai lampu indikator menunjukkan Full Charge ( biasanya lampu akan berubah menjadi Hijau).
Cara Merawat Baterai Laptop
Cara Merawat Baterai Laptop
Pastikan untuk mengkonfigurasikan pengaturan baterai Anda denga tepat. Aturlah periode Sleep laptop agar memungkinkan Anda untuk menonaktifkan layar dan hard disk setelah jangka waktu tertentu laptop tidak digunakan. Tentukan periode ini sesingkat mungkin untuk memkasimalkan usia atau masa pakai baterai. 
Kurangi menggunakan layar terlalu terang. Disatu sisi layar terang akan membuat tulisan terlihat lebih jelas, tetapi mengkonfigurasi layar terlalu terang maka akan menggunakan makin banyak daya. 
Selain menonaktifkan Bluetooth dan perangkat nirkabel, juga melepaskan setiap perangkat ekstenal ketika tidak diperlukan. Sebuah USB atau Mouse nirkabel, memory stick USB, harddisk eksternal atau kartu PCMCIA yang tidak sedang digunakan pada laptop harus dilepas. Anda harus paham, semua perangkat tadi menggunakan daya dari laptop.
Periksa juga program startup dan program aktif serta menutup program yang tidak perlu. Program startup yang terlalu banyaka akan menyebabkan baterai laptop loading lama. Dan hal tesebut akan membutuhkan banyak memori virtual sehingga terlalu banyak menggunakan akses hard disk.
JIka ingin mendengarkan musik, gunakan headseat dan bukan speaker. Karena speaker laptop kecil maka walaupun volume musik sudah maksimal tetapi suara belum maksimal untuk didengar telinga. Jika volume dinaikkan maka penggunaan daya juga akan bertambah besar.
Source : http://ebookteknisikomputerpdf.blogspot.com/
Itulah beberapa cara merawat baterai laptop yang dapat anda praktikan sendiri pada laptop kesayangan anda agar tidak mudah rusak. Nah, dengan melakukan hal-hal diatas saya rasa baterai pada laptop anda akan awet dan tidak mudah rusak karena seringnya pemakaian. Sekian informasi mengenai cara merawat laptop yang dapat menjadi wawasan untuk anda. Semoga informasi ini bermanfaat.