Cara Merawat Laptop Agar Tetap Awet

Cara Merawat Laptop - Memiliki laptop merupakan idaman setiap orang. Apalagi laptop tersebut memiliki spesifikasi tinggi. Namun yang menjadi masalah disini yaitu bagaimana cara merawat setelah kita memiliki laptop. Agar laptop bisa awet dan tidak mudah rusak maka perlu suatu perawatan khusus secara berkala dan teratur demi menjaga laptop agar tetap dalam kondisi yang prima.

Memang kebanyakan orang paling suka menggunakan saja tanpa berfikir untuk merawat. Karena bisa dibilang merawat laptop sedikit lebih sulit ketimbang komputer. Namun cara merawat laptop yang akan saya share kali ini hanya sebatas hal-hal penting saja. Jadi sangat mudah untuk dilakukan. Langsung saja silakan disimak cara merawat laptop agar tetap awet dan tidak mudah rusak sebagai berikut :

Cara Merawat Laptop

Bersihkanlah laptop anda sekurang-kurangnya seminggu sekali, gunakan kuas yang halus untuk membersihkan bagian keyboard dan gunakan kain dengan tekstur lembut untuk membersihkan LCD anda.
Meletakan barang-barang berat di atas laptop seperti buku atau semacamnya bisa berpotensi membuat rusaknya layar LCD. Memang tidak langsung rusak, tapi jika terus seperti itu LCD anda akan rusak secara perlahan. Kebetulan saya pernah megalami kejadian seperti itu. Awalnya laptop tidak apa-apa sampai mulai muncul garis-garis seperti TV yang tidak dapat sinyal ketika saya menggerakan layar LCD laptop. Jadi sekali lagi, hindari meletakan benda-benda berat di atas laptop.
Apabila anda meletakan Laptop anda di atas permukaan yang lembut ketika sedang menyala ini sangatlah tidak baik, hawa panas laptop akan sulit untuk keluar sehingga dapat menyebabkan Processor anda menjadi cepat panas. Jika ini terus berlangsung bukannya tidak mungkin bila processor anda menjadi rusak.
Cara Merawat Laptop
Cara Merawat Laptop
Sebisa mungkin jauhi laptop anda dari getaran dan alat-alat elektromagnetik seperti Loudspeaker, Handphone, dan apapun yang memiliki getaran yang cukup kuat.
Suhu yang terlalu panas dapat menyebakan kerusakan pada komponen-komponen laptop anda. Jadi perhatikan suhu ruangan anda, jika memang terasa panas dan anda menggunakan laptop untuk waktu yang cukup lama sebaiknya coba untuk gunakan Cooling Pad.
Usahakan agar laptop anda diletakan pada permukaan yang datar, kenapa begitu ? Karena ketika laptop dalam kondisi menyala, piringan yang ada di dalam hariddisk ada dalam kondisi berputar. Jika anda meletakan laptop pada sudut kemiringan tertentu itu bisa saja menyebabkan head hardisk menggores piringan tersebut. Hal ini bisa berujung kepada banyaknya bad sector pada harddisk anda.
Jika suatu saat laptop anda mengalami masalah, jangan pernah berpikir untuk memperbaiki sendiri. Apalagi jika anda tidak memiliki keterampilan untuk itu, bisa-bisa yang tadi rusaknya hanya sepele malah menjadi rusak berat.
Source : http://megacara.com/
Itulah cara merawat laptop yang dapat anda praktikan sendiri pada laptop kesayangan anda agar tetap dalam kondisi yang awet. Dengan melakukan langkah-langkah diatas saya rasa laptop anda akan mampu bertahan dalam waktu cukup lama walaupun sering dipakai terus menerus. Sekian postingan dari saya, semoga share tentang cara merawat laptop ini berguna bagi anda khususnya bagi yang ingin merawat laptop.